5 Panduan Penting dalam Memilih AC Terbaik untuk Kamar Tidur

Kamar Tidur

Air conditioner atau yang biasa disebut dengan AC merupakan salah satu produk elektronik yang berguna untuk menyejukkan ruangan. Bahkan AC telah menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang. Khususnya untuk negara Indonesia yang memang memiliki cuaca iklim yang cukup panas. Tak heran jika banyak rumah di tanah air telah dilengkapi dengan AC, terutama kamar tidur.

Saat ingin membeli AC tentunya harus mempertimbangkan hal-hal penting yang berkaitan dengan spesifikasi dan kebutuhan. Apalagi untuk kamar tidur yang bertujuan agar ruangan tidak merasa pengap dan panas saat berada di dalam kamar tidur. Serta senantiasa ruangan menjadi sejuk dan nyaman untuk ditempati. Banyaknya merk dan produk AC yang beredar di pasaran tentu membuat sebagian dari kita bingung dalam memilih AC yang tepat dan berkualitas. Nah, biar kamu tidak salah dalam memilih AC, berikut ini ada beberapa panduan dalam memilih AC yang pas untuk kamar tidur.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Luas Ruangan

Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Luas Ruangan
Sumber: pinterest.com
Sebagian dari kita pasti pernah berpikir jika AC ½ PK itu cocok untuk di ruangan yang minimalis. Sebaliknya juga ruangan besar membutuhkan AC yang berkapasitas 2 PK. Namun faktanya, ada sebuah rumus yang bisa menentukan luas ruangan pada AC yang dibutuhkan. Hal ini bertujuan agar AC yang digunakan dapat memberikan hasil udara yang maksimal. AC memiliki sebuah istilah PK (Paard Kracht/Daya Kuda) yang dimana ukuran tersebut bisa menentukan tingkat pada satuan kapasitas pendingin AC. Selain itu, ada juga istilah lainnya yakni BTU (British Thermal Unit) yang bisa menentukan ukuran pada kemampuan pendingin.

AC yang memiliki PK berbeda tentunya memiliki nilai BTU yang berbeda. Pada umumnya, ukuran AC standar yang sering digunakan adalah AC ½ PK = ±12.000 BTU/h, AC 1 PK = ± 9.000 BTU/h dan untuk AC 2 PK = ±18.000 BTU/h. Jika luas ruangan kamu berukuran 5m x 4m berarti hasil yang dijumlah 10000 BTU, jadi AC yang dibutuhkan adalah 1 PK. Sebagai referensi, mungkin kamu bisa memilih AC Sharp 1 PK atau AC Samsung 1 PK  untuk kamar tidur milikmu

2. Pilih AC yang Hemat Listrik

Pilih AC yang Hemat Listrik
Sumber: pinterest.com
Ada sebagian orang yang jarang memperhatikan spesifikasi daya listrik yang dimiliki AC yang telah mereka pilih. Jangan selalu tergiur dengan harga AC murah tetapi penggunaan energi yang dibutuhkan sangat boros. Kalau kamu bingung untuk memilih AC yang hemat listrik, sekarang ini sudah ada beberapa produsen AC yang menawarkan AC dengan fitur inverter yang bisa kamu temui. Fitur inverter merupakan fitur yang membutuhkan daya listrik yang lebih rendah ketimbang AC tanpa inverter. Pengguna AC inverter biasanya membutuhkan sumber daya hanya 30%. Jadi daya yang dibutuhkan nya lebih kecil dari pada AC biasa. 

3. Perhatikan Aspek Kesehatan

Perhatikan Aspek Kesehatan
Sumber: pinterest.com
Selain memilih AC hemat listrik, kamu juga harus memperhatikan aspek kesehatan yang dimiliki AC yang akan dibeli. Semakin berkembangnya teknologi saat ini, banyak produsen AC yang menawarkan teknologi Plasmacluster yang dimana ia mampu membunuh virus dan bakteri jahat yang berada didalam ruangan. Teknologi Plasmacluster juga bisa menghilangkan jamur dan bakteri hanya dalam waktu 6 jam. Jadi pertimbangkan AC yang digunakan memiliki fitur seperti itu, ya!

Baca juga: 5 Tips Wujudkan Ruang Ideal untuk Bermain Anak

4. Pertimbangkan Fitur Tambahan pada AC

Pertimbangkan Fitur Tambahan pada AC
Sumber: pinterest.com
Banyak AC yang telah dilengkapi dengan perangkat remote control yang dapat digunakan untuk mengatur suhu dan menyalakan AC dari jarak jauh. Namun, ada beberapa AC yang telah dilengkapi dengan filter tambahan yang mampu menghilangkan bau, debu dan sumber alergi lainnya. Nah, salah satu ac yang memiliki fitur lengkap dengan remote control yang bisa mengatur suhu dari jarak jauh adalah AC Daikin 1 pk.

Hal tersebut sangat bermanfaat dan penting untuk kamu perhatikan, terutama bagi kamu yang mempunyai alergi tertentu. Penempatan AC yang benar juga harus kamu pertimbangkan. Jangan memasang AC terlalu rapat pada atas plafon agar udara yang dihasilkan bisa maksimal. 

5. Pilih Kontrol AC yang Mudah Digunakan

Pilih Kontrol AC yang Mudah Digunakan
Sumber: pinterest.com
Memilih AC dengan kontrol yang bisa digunakan dengan mudah juga perlu kamu perhatikan. Hal ini bertujuan agar memberikan kenyaman kamu dalam menggunakannya. Kamu bisa mencari AC dengan tampilan LED yang cukup besar sehingga mempermudah kamu dalam membaca suhu ruangan yang berada di LED.  Selain itu, pilih juga AC yang memiliki model label dan tombol yang terlihat jelas. Jadi akan mempermudah kamu dalam memahaminya. Mungkin kamu bisa memilih AC berkualitas dari Sharp, yakni AC Sharp 1PK atau AC Sharp 2 PK untuk kamar tidur milikmu. 

Demikianlah informasi mengenai panduan dalam memilih AC yang tepat untuk kamar tidur. Semoga setelah kamu membaca artikel ini, kamu jadi menambah wawasan dan pengetahuan tentang AC yang tepat dan berkualitas. 

0 komentar:

Posting Komentar