Jenis Beras Kualitas Terbaik Favorit Warga Indonesia

Jenis Beras Kualitas Terbaik Favorit Warga Indonesia

Nasi adalah makanan pokoknya orang Indonesia. Nggak heran kalau ada ungkapan, ‘Belum makan namanya kalau belum makan nasi’. Saking vital dan nggak bisa digantikannya, selalu muncul inovasi-inovasi baru untuk memperkaya varietas beras. Hal ini dilakukan untuk memberi banyak pilihan pada masyarakat Indonesia untuk mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokoknya.

Jenis dan macam beras yang jadi favorit Indonesia ada beragam, masing-masing punya bentuk, rasa, tekstur dan aromanya sendiri, harga beras pun berbeda – beda tergantung kualitas yang dimiliki. Karena perbedaan ini, cara memasak masing-masing beras ini juga nggak bisa disamakan lo. Biar kamu lebih bisa memahami jenis-jenis beras dan membedakan ciri-cirinya, berikut adalah daftar jenis beras putih lokal yang jadi favorit orang Indonesia.

Pandan Wangi
Sesuai dengan namanya, beras ini jika dimasak memiliki aroma pandan yang sangat menyeruak hingga ke rongga hidung. Merupakan salah satu varietas terbaik di Indonesia yang memiliki bentuk identik terlihat bulat dan tidak panjang serta terasa pulen saat dimasak. 

Namun kamu juga harus berhati-hati ketika membeli beras ini, karena banyak juga pedagang yang menjual yang palsu, memiliki bentuk dan wangi yang sama namun tidak pulen, wajib kamu curigai. Karena bisa saja wanginya berasa dari pewangi buatan, karena pandan wangi yang asli memiliki aroma pandan yang alami.

Ramos
Merupakan beras IR yang paling umum dan banyak digemari oleh masyarakat ini merupakan jenis varietas hasil Peranakan padi peta Indonesia dan padi jenis lain dari Filipina. Bentuk bulir beras panjang dan tidak memiliki aroma pandan dan teksturnya terasa pulen namun tidak lengket dan gurih ketika dimasak.

Rojo Lele
Mungkin banyak dari kita yang berpikir bahwa ini merupakan salah satu merk beras, namun perlu kamu ketahui bahwa ini bukanlah salah satu merk beras, melainkan jenis varietas beras. Yups, malang melintang di dunia industri beras Indonesia, rojo lele merupakan salah satu jenis beras lokal yang berasal dari Jawa Tengah. 

Beras ini memiliki bentuk memanjang dan berwarna putih cerah. Sekilas penampakannya mirip dengan beras IR, namun kualitasnya lebih tinggi dari beras IR. Beras ini juga terasa pulen dan wangi ketika dimasak. Tak heran bila beras ini pun jadi salah satu primadona beras Indonesia.

Mentik Susu
Meupakan beras Jepang asal Magelang yang berbentung bulat lonjong dan gemuk. Sesuai namanya, beras ini juga memiliki warna putih susu. Sebagai salah satu beras jenis organik, mentik susu ini mengandung cukup banyak nutrisi dan kaya akan mineral. 

Kandungan protein, karbohidrat, dan glukosanya mudah terurai sehingga beras ini aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Nggak hanya itu, beras ini pun dapat membantu mencegah kanker, asam urat, jantung, vertigo dan darah tinggi.

Beureum Sengit
Beureum sengit adalah salah satu varietas beras lokal yang berasal dari Cianjur yang nyaris punah, sehingga harga jualnya pun menjadi relatif mahal. Beureum sengit ini juga dikenal dengan sebutan beras merah wangi. Ini karena saat dimasak, beras jenis ini mengeluarkan aroma yang begitu harum dan terasa lezat disantap. Beureum sengit juga diketahui kaya akan kandungan serat yang dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan perkembangan otak.

Beras solok
Beras Solok ada beberapa jenis, yang paling diminati adalah yang berjenis anak daro. Karakteristiknya mungil dan putih bersih dengan aroma yang sangat wangi, namun butirannya akan membesar begitu nasinya dimasak. Rasanya pulen dan nggak mudah lembek atau hancur. Karena keunikannya, beras ini sudah dipasarkan ke negara tetangga seperti Singapura.

0 komentar:

Posting Komentar