Agar Akurat, Ikutilah Tips Cek Kehamilan Ini

Agar Akurat, Ikutilah Tips Cek Kehamilan Ini

Telat haid seminggu apakah positif hamil? Pertanyaan tersebut dapat terjawab dengan tes kehamilan. Anda dapat melakukan tes sendiri sebelum periksa ke dokter. Alat tes kehamilan yang akurat digunakan adalah test pack. Agar lebih akurat dan tidak menimbulkan interpretasi yang salah, ikuti saja tips cek kehamilan di bawah ini.

1. Cermat Memilih Alat Tes Kehamilan

Alat tes kehamilan yang berkualitas sangat membantu mendeteksi kehamilan dengan benar. Keakuratan hasil tesnya terjamin. sudah seharusnya Anda memilih alat tes kehamilan yang terpercaya. Pilihlah test pack dengan sensitivitas tinggi yaitu mampu mendeteksi keberadaan hormon Human Chorionic Gonadotropin (HCG) di dalam urin.

Pilihlah alat tes yang kemampuan deteksinya tinggi yaitu bisa mendeteksi HCG dalam urin hingga 10 mlµ/ml. Kemampuan deteksi ini lebih akurat dibandingkan kemampuan alat deteksi pada umumnya yaitu dalam urin 25 mlµ/ml.

Cermati juga keamanan dan keefektifan alat tes kehamilan tersebut. Pastikan alat tes sudah masuk daftar lembaga resmi pemerintah yaitu BPOM. Pastikan juga tanggal kadaluwarsanya untuk memastikan kelayakan produk. Tujuannya agar hasil yang diberikan bisa akurat dan tidak menimbulkan kesalahan.

2. Memperhatikan Waktu yang Tepat untuk Tes Kehamilan

Setelah menemukan alat tes kehamilan yang tepat dengan keakuratannya, Anda perlu memperhatikan waktu yang tepat untuk tes kehamilan. Ketepatan waktu tersebut adalah setelah telat haid seminggu atau lebih. Cek kehamilan di waktu ini akan meningkatkan keakuratan. Hasil cek dengan test pack bisa menghasilkan garis yang jelas.

Waktu yang lebih akurat untuk tes kehamilan adalah pagi hari. Mengapa demikian? Kadar konsentrasi HCG dalam urin akan lebih tinggi di pagi hari, sehingga sangat akurat untuk tes kehamilan. Untuk menjaga kepekatan konsentrasi HCG dalam urin, jangan minum dulu sebelum buang air kecil yang bisa mengencerkan kadar hormon dan mengubah hasil.

3. Memahami Cara Tes

Telat haid seminggu apakah positif hamil? Anda bisa menjawabnya setelah melakukan tes kehamilan secara akurat. Selain memilih alat tes yang akurat dan melakukan tes di waktu yang tepat, Anda perlu memahami cara tes pada alat yang dipakai.

Cara kerja test pack sebagai alat yang akurat mendeteksi kehamilan tentu bisa dipelajari dengan mudah. Untuk hasil yang benar-benar akurat, langsung lakukan tes dari alat tes kehamilan yang baru saja dibuka dari kemasannya. Tampung urin di wadah bersih dan kering agar tidak tercampur dengan zat apapun.

Celupkan test pack strip ke urin yang ditampung sampai ujung strip meresap optimal yaitu kira-kira 10 detik. Jika menggunakan test pack compact, kucurkan urin dari dalam wadah ke alat tes tersebut sampai benar-benar basah.

Tunggulah antara 1-3 menit untuk hasil yang akurat. Untuk melihat hasilnya, jangan sampai terlewat lebih dari 5 menit karena akan menghasilkan tanda yang samar akibat penguapan. Hasilnya justru akan menimbulkan kebimbangan.

Indikator pendeteksi hamil atau tidak pada test pack strip adalah garis yang muncul pada test pack. Dua garis menandakan Anda positif hamil, sedangkan satu garis menandakan negatif atau tidak hamil.

Berbeda dengan test pack compact yang ditandai dengan tanda positif atau bentuk persegi merah yang menandakan positif. Jika muncul tanda negatif atau tanda merah tidak berbentuk persegi, maka Anda tidak hamil.

Cek kehamilan bisa dilakukan setelah telat haid satu minggu atau lebih, untuk menjawab pertanyaan telat haid seminggu apakah positif hamil. Selain waktu yang tepat, pemakaian alat tes kehamilan juga harus dilakukan agar tidak salah deteksi. Anda juga harus memahami bagaimana pemakaian test pack untuk cek kehamilan. Anda bisa membaca panduannya di Orami Magazine.

0 komentar:

Posting Komentar